wirausaha online

25 Mei, 2009

Buku "Ilusi Negara Islam"

Robby Muhamad :

Kita sudah sering mendengar bagaimana gerakan global asing Barat, Yahudi, Neoliberal (apapun itu artinya) menjadi ancaman bagi Indonesia.

Buku "Ilusi Negara Islam" (Gus Dur, Syafii Maarif, KH. Mustofa Bisri) membahas bagaimana gerakan Islam ekstrim global juga harus diwaspadai. Bukunya bisa di unduh secara lengkap disini.

Silahkan berdebat pro-kontra secara hangat dan ramai; tapi mohon jangan mengkafirkan ketiga tokoh tersebut :)

Update: sepertinya saya perlu juga menuliskan opini pribadi saya terhadap buku ini. Pengantar yang ditulis ketiga tokoh cukup menarik. Buku ini juga memberi beberapa fakta menarik dan penting, meskipun analisisnya (jika bisa dibilang analisis) masih bisa diperbaiki.

Yang menarik buat saya tentang buku ini adalah hubungannya dengan posting nya Enda mengenai lakmus test. Saya pikir buku ini menjadi ilustrasi polarisasi politik/ideologi islam di Indonesia; yang mana sebuah tes lakmus saya pikir akan mempertajam polarisasi ini. Menuduh orang kafir sama tidak efektifnya dengan menuduh sebuah kelompok sebagai ekstrimis. Pertarungan politik dan ideologi adalah hal wajar dalam demokrasi asalkan tidak ada yang menggunakan jalur kekerasan. Tetapi yang penting sekarang ini menurut saya adalah usaha untuk saling mengerti posisi masing-masing dan berempati; lakmus tes tidak memberi ruang untuk saling mendengarkan dan berempati.
sumber :www.politikana.com

1 komentar:

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action