wirausaha online

22 April, 2009

Mengasah Otak Sehebat Komputer


DI era globalisasi informasi saat ini, otak kita sebagai processor diyakini kewalahan mengolah informasi yang tumpah ruah menjadi suatu pengetahuan. Bahkan ilmuwan sehebat Einsten pun berpendapat bahwa ia hanya memanfaatkan kurang dari 10 persen dari potensi otaknya. Karena itulah, sekarang sudah ditemukan sebuah metode baru untuk mengoptimalkan kapasitas otak yang dinamakan dengan Mind Map.

Mind Map yang ditemukan di tahun 1974 oleh Tony Buzan, seorang yang memang ahli dalam pengembangan potensi manusia di daerah kelahirannya. Pria kelahiran 2 Juni 1942 asal London ini, sangat memahami betul bahwa otak manusia harus selalu diasah agar mencegah kepikunan di masa tua.

Buzan yang ditemui Mediaindonesia.com di sela-sela sebuah seminar di Jakarta belum lama ini, mengatakan ide awalnya membuat konsep Mind Map sebenarnya muncul dari pengamatannya dalam bidang perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971.

Otak kita itu sebenarnya bekerja lebih cepat dari sebuah komputer. Dengan pemetaan pemikiran maka semua yang masalah selama ini dirasakan sulit akan mudah terpecahkan," kata Buzan. Dalam metodenya, Buzan mengeksplorasi daya pikir manusia dengan merekayasa model pengembangan potensi manusia yang disebutnya Pemetaan Pikiran. Pria yang ternyata sudah tiga kali datang ke Indonesia menggunakan teknik curah gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesatuan di sekitar Tema Utama seperti pohon dengan akar, ranting, dan daun-daunnya.

Tahap pertama setelah tema ditentukan dan kata kunci hasil curah gagasan dituliskan, dilukis, dan ditandai dengan warna atau simbol tertentu adalah menyusun ulang kata kunci tersebut. Kemudian proses curah gagasan diteruskan kembali secara bebas. Kata kunci yang digunakan disarankan hanya satu kata tunggal. "Saya sangat mengharapkan pendidikan di Indonesia, sudah mulai bisa mengaplikasikan metode ini untuk pengajaran", ujar Buzan.

Dia memberikan contoh bahwa sudah banyak negara yang menggunakan metode ini dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dan semuanya sudah berhasil. Buzan optimistis Mind Map pasti bisa pula berhasil di Indonesia. Ia memberi contoh Singapura yang sudah menerapkan metode tersebut ke sistem pengajarannya. Bahkan Pemerintah Malaysia sudah merencanakan tahun 2011, memasukkan Mind Map dalam kurikulum pendidikannya.

"Hambatan yang paling sering ditemukan ketika ingin menggunakan metode Mind Map ini adalah Kurang pahamnya orang-orang mengenai apa itu Mind Map dan biasanya mereka menyerah dulu sebelum mencoba metode tersebut", keluhnya.

Tony Buzan adalah pengarang kelas dunia yang telah menulis 82 buku mengenai otak dan pembelajaran. Hingga saat ini, buku-bukunya telah diterjemahkan di 100 negara dan ke dalam 30 bahasa. Selain berceramah ke seluruh dunia, Buzan juga menjadi penasihat untuk perusahaan-perusahaan multinasional, pemerintahan, dan menjadi pelatih atlet-atlet Olimpiade.

Buzan juga merupakan salah satu pencetus Olimpiade untuk Otak-Olimpiade Olahraga Otak yang telah diikuti oleh 25.000 peserta dari 74 negara di seluruh dunia. Ia juga menjadi penasihat pengusaha-pengusaha top dunia dan memberikan ceramah untuk anak-anak.

Adinda Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action